Friday 28 October 2016

Laporan Praktikum Pengamatan Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan


BAB 1

PENDAHULUAN

 

1.1 Tujuan

Memahami bentuk dan bagian-bagian jaringan hewan.

1.2 Alat dan Bahan

1.      Mikroskop
2.      Beberapa preparat awetan, seperti:
a.       Jaringan tulang keras (compact bone/hard bone)
b.      Jaringan tulang rawan (kartilago hyalin)
c.       Jaringan otot polos
d.      Sel darah manusia

1.3 Cara Kerja

1.      Dengan menggunakan mikroskop, mengamati semua bentuk-bentuk dari preparat awetan jaringan hewan.
2.      Mengamati preparat jaringan tulang keras (compact bone/hard bone) dimulai dari perbesaran rendah kemudian memindahkan ke perbesaran yang lebih tinggi. Menggambar sel-selnya.
3.      Mengamati preparat jaringan tulang rawan (kartilago hyalin) dimulai dari perbesaran rendah kemudian memindahkan ke perbesaran yang lebih tinggi. Menggambar sel-selnya.
4.      Mengamati preparat jaringan otot polos dimulai dari perbesaran rendah kemudian memindahkan ke perbesaran yang lebih tinggi. Menggambar sel-selnya.
5.      Mengamati preparat sel darah manusia dimulai dari perbesaran rendah kemudian memindahkan ke perbesaran yang lebih tinggi. Menggambar sel-selnya.






BAB 2

PENUTUP

 

2.1 Analisa Data


1. Jaringan tulang keras (Compact bone/hard bone)
Jaringan tulang dibedakan menjadi 2, yaitu: jaringan tulang spons dan jaringan tulang keras. Jaringan tulang keras dapat terbentuk jika matriksnya rapat atau kompak. Tulang sejati bersifat keras dan matriksnya banyak mengandung kalsium dan fosfat. Matriks tulang juga banyak mengandung zat perekat. Di dalamnya terdapat jaringan-jaringan seperti sarang lebah yang sangat keras dan kuat, pada bagian tengah tulang terdapat sumsum tulang yang bertugas membuat sel darah merah dan sel darah putih.

2. Jaringan tulang rawan (Hyaline Cartilago)
Pada percobaan tulang rawan hialin, kami melihat adanya serat-serat kolagen dan chondrosit. Tulang rawan hialin dapat kita temukan pada laring, trakea, bronkus, ujung-ujung tulang panjang, tulang rusuk bagian depan, cuping hidung dan rangka janin. Tulang hyaline berfungsi membantu pergerakan persendian, menguatkan saluran pernapasan, memberi kemungkinan pertumbuhan memanjang tulang pipa, dan memberi kemungkinan tulang rusuk bergerak saat bernapas.

3. Jaringan otot polos (Involuntary muscle)
                Sel otot ini dinamai sel otot polos karena memiliki miofibril yang homogen. Bentuknya adalah gelendong dengan satu nukleus di tengahnya. Sel otot polos sifatnya tidak sadar dan tahan lelah. Sel otot polos terdapat pada organ-organ dalam tubuh seperti ginjal, uterus, organ reproduksi wanita dan pria, organ sistem pencernaan, organ sistem pernapasan, iris mata, dan pembuluh darah. Sel otot ini juga dikenal dengan nama sel otot involunter.

4. Sel darah manusia
Di dalam pengamatan sel darah kami melihat adanya:
1.  Sel darah merah (eritrosit) berfungsi untuk mengangkut oksigen
2. sel darah putih (lekosit) berfungsi untuk melawan benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh.
3. Keping-keping darah (trombosit) Berfungsi dalam proses pembekuan darah.
4. Plasma darah, komponen terbesarnya adalah air, berperan mengangkut sari makanan, hormon, zat sisa hasil metabolisms, antibodi dan lain-lain.

2.2 Kesimpulan


Dari penelitian diatas dan hasil pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut:

Pada setiap sel memiliki bentuk yang berbeda-beda. Tulang keras memiliki bentuk sel yang tidak teratur, sel darah merah memiliki bentuk berupa titik-titik darah, otot polos memiliki sel yang teratur dan berbentuk gelendong, sedangkan bentuk dari tulang rawan hyaline juga memiliki keteraturan, di dinding sel terlihat ada penebalan.

 

 

Daftar Pustaka


Aryulina, Diah dkk. 2010. BIOLOGY for Senior High School Grade XI Semester 1. Jakarta : Erlangga
Prawirohartono, Slamet. 2004. Sains Biologi 2a Kurikulum 2004 Kelas 2 SMA. Jakarta: Bumi aksara
Sri Lestari, Endang. 2009. BIOLOGI 2 Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional




1 comment:

  1. If you're looking to lose kilograms then you absolutely have to start following this brand new personalized keto plan.

    To design this keto diet, certified nutritionists, fitness couches, and professional cooks joined together to produce keto meal plans that are productive, suitable, price-efficient, and satisfying.

    From their launch in January 2019, hundreds of people have already completely transformed their figure and well-being with the benefits a good keto plan can give.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto plan.

    ReplyDelete